Religi

Masjid Menawan di Isfahan Iran

SURABAYA, FaktualNews.co – Masjid Sheikh Lotfollah, dalam bahasa Arab: مسجد شیخ لطف الله adalah salah satu mahakarya arsitektur Iran yang dibangun selama Kerajaan Safawi yang mulai dibangun pada masa pemerintahan Shah Abbas I di tahun 1603 dan selesai pada 1619.

Masjid yang dirancang oleh tim arsitek yang dipimpin Mohammad Reza Isfahani itu kemudian di dibangun kembali dan diperbaiki pada tahun 1020 oleh Reza Shah Pahlavi atas saran Arthur Upham Pope.

Masjid Sheikh Lotfollah merupakan bangunan pertama dari empat monumen yang mendominasi pemandangan sekeliling Alun-alun Naqsh-e Jahan, Isfahan, Iran.

Awalnya, masjid itu dibangun sebagai milik pribadi istana, tidak dimaksudkan untuk umum. Karena itu, bentuknya lebih kecil dan tidak terlihat ada menara di masjid itu. Baru setelah berabad-abad kemudian masjid indah itu dibuka untuk umum.

Untuk memudahkan akses masyarakat mengunjungi masjid tersebut, Shah Abbas meminta arsitek membangun terowongan yang membentang di Piazza dari Istana Ali Qapu ke masjid. Hal itu agar pengunjung tidak perlu melintasi Alun-alun.

Desain interior yang indah

Desain Masjid Sheikh Lotfollah cukup sederhana: tidak ada halaman, dan tidak ruang persegi panjang atau ruang, biasanya berkubah, berdinding di tiga sisi, dengan salah satu ujung sepenuhnya terbuka.

Pemandangan Masjid Lotfollah di siang hari. (foto: Amin Karimi | tasteiran.net)

Bangunan itu sendiri terdiri dari kubah pipih bertumpu pada ruang kubah persegi. Namun, berbeda dengan struktur sederhana masjid ini, dekorasi interior dan eksteriornya sangat rumit, dan dalam konstruksinya menggunakan bahan terbaik dan pengrajin paling berbakat digunakan.

Gambar burung merak di tengah sisi interior kubah merupakan salah satu ciri khas masjid. Jika Anda berdiri di gerbang masuk aula bagian dalam dan melihat ke tengah kubah, seekor merak, yang ekornya adalah sinar matahari yang masuk dari lubang di langit-langit, dapat dilihat.

Di sisi dalam kubah, tujuan etis dari lorong panjang, rendah, dan suram menuju ruang kubah menjadi jelas, karena dengan rasa antisipasi yang tinggi seseorang memasuki tempat kudus. Kerendahan memberi jalan untuk melonjak tinggi dan kesuraman dihilangkan oleh pencahayaan yang stabil dari hampir sekian jendela.

Di dalam kubah, jajaran unit tilework bentuk ogee-mandorla diatur dalam kisi dari batu bata biasa dan ukurannya mengecil sampai bertemu dengan bagian tengah berpola sunbrust dengan dekorasinya dari khas arab.